Zakaria Al Anshori, S.Hut lahir pada tahun 1992 di salah satu kabupaten yang berada di utara Pulau Jawa. Ia merupakan salah satu alumni berprestasi Departemen Silvikultur yang memiliki talenta khas. Zakaria atau akrab disapa Jeck atau Bang Jeck merupakan alumni Dept. Silvikultur Fakultas Kehutanan, Institut Pertanian Bogor (IPB) Angkatan 47. Ia memiliki hobi dan keterampilan pada bidang botani hutan yang jarang sekali dimiliki oleh kebanyakan orang. Keterampilan tersebut ternyata tidak muncul secara instan, namun sudah ia geluti sejak menempuh perkuliahan di Dept. Silvikultur. Sejak di bangku kuliah, ia telah menunjukkan ketertarikan di bidang ilmu ekologi hutan, khususnya Dendrologi. Mata kuliah Dendrologi inilah yang kemudiam menjadi titik munculnya talenta seorang Jeck pada botani hutan.

Menurut ceritanya, pada saat kuliah dahulu, ia sudah tertarik pada mata kuliah Dendrologi. Ketika ditanya apa sebabnya, ia hanya menjawab karena ia senang berpetualang di alam dan memperhatikan betapa kayanya alam Nusantara dengan berbagai macam keanekargaman flora (tumbuhannya). Dendrologi adalah mata kuliah dari Dept. Silvikultur yang mempelajari tentang flora atau tumbuhan hutan, khususnya jenis pohon yang meliputi bentuk morfologi, karakteristik morfologi, hingga taksonominya. Bagi mahasiswa kehutanan, Dendrologi merupakan mata kuliah wajib yang harus diambil dan dipelajari.

Sedikit berbeda dengan kebanyakan mahasiswa kehutanan lainnya, Jeck memiliki ketertarikan yang lebih tentang kajian terhadap spesies-spesies tumbuhan (pohon) di hutan. Selain senang mempelajari berbagai spesies tumbuhan hutan tersebut, ia juga senang menggambar ilustrasi tumbuhan. Keterampilannya itu, ia mulai asah sejak masa kuliah, tepatnya pada setiap proses kegiatan praktikum Dendrologi yang memang seringkali bersinggungan dengan identifikasi spesies pohon, observasi karakteristik morfologi daun atau bagian pohon lainnya, hingga menggambar bagian daun atau bunga dari suatu spesies pohon hutan.

Bagi beberapa mahasiswa, mungkin kegiatan praktikum tersebut bisa menjadi hal yang membosankan, tapi tidak dengan pria asal Rembang, Jawa Tengah satu ini. Siapa sangka dari ketekunannya saat praktikum Dendrologi dahulu, serta konsistensinya dalam belajar mengenai apa yang ia sukai tersebut, ternyata hal ini justru mengantarkan ia pada sesuatu prestasi yang baik dalam hidupnya. Prestasi ini begitu spesial, mengingat ini bukanlah sekedar prestasi, namun hobi yang menghasilkan.

Pada tahun 2016 Jeck berhasil mengharumkan Dept. Silvikultur Fakultas Kehutanan IPB pada ajang Lomba Ilustrasi Botani Tingkat Nasional di Kebun Raya Bogor, dengan menjadi JUARA 3. Selanjutnya, di tahun 2017, ia kembali mengharumkan almamaternya dengan menjadi JUARA 1 pada ajang Lomba Identifikasi Tumbuhan Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dalam rangka memperingati ulang tahun LIPI Ke-50. Pada ajang ini menjadi begitu spesial, karena ia harus bertanding dan bersaing dengan lawan-lawan dari berbagai latar belakang seperti mahasiwa, akademisi, atau profesional dengan kemampuan yang luar biasa di Indonesia. Bahkan yang lebih membanggakan, Jeck selalu tampil dengan skor atau nilai tertinggi pada setiap fase atau babak dari ajang ini, hingga akhirnya ia keluar sebagai pemenang. Sejak saat itu, nama Jeck mulai bersinar sebagai talenta botani muda.

Di sisi lain, hobi dan kesenangan tersebut kini membuahkan pintu rizki baginya, dimana ia seringkali memperoleh pekerjaan untuk identifikasi jenis tumbuhan, pembuatan herbarium, hingga pembuatan ilustrasi spesimen tumbuhan yang tentu tidak banyak orang yang bisa melakukannya. Selain itu, ia juga masih sering diminta berbagai instansi baik dari pemerintah/swasta dalam kegiatan survey berkaitan dengan ekosistem hutan dan biodiversitas tumbuhan hutan. Kini, ia masih tetap semangat belajar dan menempa diri menjadi Rimbawan yang baik serta Botanis yang lebih matang, serta tetap rendah diri. Saat ini, ia bertugas sebagai asisten Ekologi Hutan sekaligus Kurator Herbarium Laboratorium Ekologi Hutan, Divisi Ekologi Hutan, Dept. Silvikultur, Fakultas Kehutanan IPB. Selain itu, talenta botanis muda yang millenial ini pun aktif dalam media sosial, baik pada website ( www.flickr.com/photos/jackforest ) dan instagram ( jackanshori ). Tema media sosialnya tentu saja sangat berkaitan dengan bidang botani hutan dan plant illustrator yang ia geluti. Satu pesan berharga darinya yaitu, “Belajar itu jangan diniatkan hanya untuk memperoleh pekerjaan atau uang, sebab jika kita tulus belajar, rezeki itu akan dibukakan oleh-Nya.” Semoga Zakaria Al Anshori, S.Hut atau Bang Jeck kelak bisa semakin sukses menggapai impiannya menjadi Botanis dan Plant Ilustrator kebanggaan Indonesia yang dapat mengahrumkan bangsa di kancah yang lebih luas.